-->
Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 30 Maret 2017

Pesona Indah Dieng Plateu


Pesona Indah Dieng Plateu
Pesona Indah Dieng Plateu
Allah itu menyukai keindahan. Dia menciptakan dunia ini juga dengan keindahan. Berbagai belahan sisi bumi kalau kita teliti pasti indah bukan? Saat kita berwisata alam, maka kita akan tahu betapa hebatnya, betapa besarnya, betapa menakjubkannya Allah yang telah menciptakan alam dan seisinya. Allahu Akbar.....
Kalau berbicara mengenai wisata alam, saya rekomendasikan kepada Sahabat Ummi untuk mengunjungi salah satu lokasi di Jawa Tengah. Dan sempatkanlah mengunjungi kawasan wisata dataran tinggi Dieng atau sering kita sebut “Dieng Plateu”. Disana kita bisa berwisata sambil tadabbur alam atas kebesaran Allah SWT. Rasa senang dapat, pahala juga dapat. Insha Allah...
Dieng yang berada di daerah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo, merupakan salah satu tujuan wisata bagi para pelancong baik dalam maupun luar negeri. Tempatnya yang eksotis membuat para turis berdatangan kesana. Kenapa? Ya, di kawasan itu ada beberapa lokasi wisata menarik. Baik itu wisata alam maupun sejarah.
Karena terletak di dataran tinggi, maka cuaca di sana sangat dingin. Jangan lupa, Sahabat Ummi harus menyiapkan jaket tebal. Konon menurut informasinya, suhu di sana bisa mencapai minus seperti di Eropa. Wow… dingin sekali bukan?
Lalu wisata alam yang bagaimana yang bisa kita nikmati disana?
Yang pertama adalah Telaga Warna.
Disebut telaga warna, karena disana ada beberapa telaga dengan warna yang berbeda-beda. Ketika saya berkunjung kesana, saya melihat keaneragaman warna tersebut.Ada yang berwarna hijau, biru, dan sedikit kekuning-kuningan. Mungkin hal tersebut terjadi karena objek-obek di sekitar telaga memengaruhinya. Namun, saya tidak akan bercerita panjang lebar tentang kenapa warna-warna itu terjadi… hehe.
 
Baca juga: Buat yang Malas Minum, Begini Cara Menyiasati Kebutuhan Cairan Tubuh Dalam Perjalanan
 
Ada beberapa bagian sisi di telaga, yang menunjukkan adanya aktivitas vulkanik karena terdapat gelembung-gelembung kecil yang meletus di permukaan air – harus sahabat ummi ketahui bahwa Dieng, merupakan salah satu kawasan yang memiliki aktivitas gunung berapi.
Disekitar Telaga Warna, ada objek wisata lainnya berupa gua. Ada Gua Semar, Gua Jaran, Gua Sumur dan beberapa objek lainnya. Selain itu, pengunjung disana bisa mengajak anak-anaknya berfoto dengan orang-orang yang menggunakan kostum Teletubies, Donald Bebek, Micky mouse, dan lain-lain. Fotonya bisa tunggu jadi lo, biayanya juga ramah sekali.
Sahabat Ummi juga bisa mengunjungi gedung teater. Letaknya tidak terlalu jauh dari telaga. Nanti disana Sahabat Ummi bisa menikmati film dokumenter tentang daerah Dieng.
Selain Telaga Warna yang memiliki keindahan tersendiri, Sahabat Ummi juga bisa berkunjung ke “Kawah Sikidang”. Lokasinya juga tidak terlalu jauh dari Telaga Warna. Di sana Sahabat Ummi bisa melihat aktivitas vulkanik yang lebih banyak. Ada lokasi tertentu yang dibuat pagar karena di tengahnya terdapat kawah yang masih aktif. Lumpurnya meletup-letup dan mengeluarkan asap. Tidak perlu khawatir, karena daerah tersebut dinyatakan aman untuk dikunjungi. Kawahnya pun tidak beracun – meskipun ada beberapa kawah di daerah lain yang dinyatakan beracun. Lalu, jangan lupa bawa masker untuk menjaga pernafasan kita. Bau kawah di sana sangat menyengat. Kalau lupa bawa masker, gak perlu khawatir juga. Disana sudah banyak yang menjual masker keliling.
Di sekitar kawah ada juga beberapa fasilitas menarik yang bisa Sahabat Ummi gunakan untuk selfie. Salah satunya, di sana ada penyedia kuda, jika tertarik ingin berfoto bersama kuda bayarnya pun murah hehe...
Nah, sedangkan wisata sejarah disana adalah bangunan candi kuno. Ada beberapa candi yang lokasinya tidak terlalu berjauhan, mereka antara lain, Candi Gatotkaca, Candi Arjuna, Candi Bima dan lain-lain. Pemandangan di sekitar candi pun tak kalah indah dengan beberapa tempat lainnya.
Berbicara tentang tempat wisata, tidak lupa juga dengan oleh-oleh khas daerah sana bukan?
Disetiap lokasi wisata sudah ada beberapa toko yang menjajakan berbagai macam oleh-oleh khas daerah Dieng. Ada beberapa makanan ringan yang dijual dan yang paling terkenal adalah Carica – sejenis manisan, dan ada juga berbagai macam kerajinan tangan yang cantik dan unik. Sarana lain yang terdapat disetiap lokasi adalah parkir yang luas, tempat ibadah, toilet dan lain-lain.
Foto ilustrasi: google
Profil penulis:
Wahyu S., Wiraswasta, suka tulis menulis.